Maintenance & Repair

Penting dan Wajibnya Pelaksanaan Pemeliharaan Dan Perbaikan Peralatan Medik di Rumah Sakit

UU No 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit pasal 16 ayat 1 mengamanahkan bahwa peralatan medik dan non medik harus memenuhi standar pelayanan, persyaratan mutu, keamanan, keselamatan dan laik pakai.Kemudian Ayat 6 mengamanahkan bahwa Pemeliharana peralatan harus didokumentasikan dan dievaluasi secara berkala dan berkesinambungan.Menurut ISO 9001: 2008 klausul 7.5 bahwa Kegiatan pelayanan kesehatan di rumah sakit harus menggunakan Standart Operating Procedure (SOP) yang jelas, tiap jenis pelayanan kesehatan yang diberikan harus didukung dengan peralatan yang memadai, terpelihara dan terkalibrasi sesuai jadwal.Menurut ISO 9001: 2008 klausul 7.6 bahwa Untuk mengendalikan keakuratan dan kesesuaian hasil dari peralatan medik manajemen rumah sakit secara berkesinambungan harus melakukan pemeliharaan dan pemantauan fungsi alat secara seksama. Dengan didukung tenaga yang kompeten dan peralatan yang memadai, kami PT. Kalmed Sejahtera Indonesia menyelenggarakan program pemeliharaan dan perbaikan peralatan medik disarana pelayanan kesehatan untuk pendukung pemenuhan standar pelayanan, persyaratan mutu, keamanan, keselamatan dan laik pakai.

Program Pemeliharaan Peralatan Medik PT. KALMED SEJAHTERA INDONESIA

Manajemen pemeliharaan peralatan medik dirancang untuk menetapkan kebijakan, tanggung jawab, dan prosedur untuk mengoptimalkan keselamatan, efektifitas, efisiensi, dan keandalan peralatan medik serta menjamin kenyamanan lingkungan dengan minimum kemungkinan resiko yang terjadi terkait dengan pemanfaatan peralatan medik di rumah sakit.

Keselamatan pasien selalu menjadi fokus utama kami dalam menyediakan jasa pemeliharaan peralatan medik. Dengan meningkatnya kesadaran akan isu-isu keselamatan pasien, persyaratan desain dan spesifikasi, kriteria laik pakai, dan persyaratan pengoperasian peralatan medik kepada pasien merupakan faktor penting dalam masalah keselamatan pasien.

Keselamatan pasien disarana pelayanan kesehatan adalah tujuan utama dari program manajemen pemeliharaan peralatan medik. Dalam pandangan ini program pengelolaan yang proaktif sangat penting untuk menjamin lingkungan yang aman bagi pasien, pengunjung dan staf rumah sakit.Profesi teknik elektromedik merupakan kompetensi spesifik untuk melakukan prosedur pemeliharaan, pencegahan dan perbaikan pada peralatan medik, selanjutnya yang bukan menjadi anggota profesi tidak boleh melakukannya.

Adapun Pemeliharaan dan Perbaikan Peralatan Kesehatan yang kami lakukan meliputi peralatan kesehatan pada pelayanan/instalasi:

  1. Radiologi
  2. Kedokteran Gigi
  3. ICU/ICCU
  4. UGD
  5. Kamar Operasi
  6. Rehabilitasi Medik
  7. Laboratorium
  8. Loundry
  9. CSSD
  10. Ob Gyn

Waktu Tanggap Perbaikan

  • Waktu tanggap keadaan darurat untuk kerusakan alat harus harus direspon berdasarkan permintaan perbaikan.
  • Perbaikan peralatan pada kondisi normal harus ditanggapi setelah menerima panggilan atau permintaan perbaikan
  • Perbaikan peralatan pada kondisi normal harus ditanggapi setelah menerima panggilan atau permintaan perbaikan
  • Pelayanan waktu tanggap perbaikan diatas dilakukan dalam jam kerja.